Jonatan Christie Raih Medali Emas Tunggal Putra Bulutangkis Asian Games 2018

Jonatan Christie usai meraih mendali emas perorangan Asian Games 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (28/8).
LAMBERITA ACEH – Indonesia memastikan satu emas tambahan dari cabang bulutangkis perorangan di Asian Games 2018.

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, berhasil mengalahkan Chou Tien Chen (Taiwan) dengan rubber set dengan skor 21-18, 20-22, dan 21-15 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Keberhasilan Jojo ini patut diapresiasi. Sebab, ini adalah kali pertama wakil tunggal putra Indonesia mendapatkan medali emas di Asian Games setelah sekian lama.

Terakhir kali Indonesia meraih medali emas tunggal putra bulutangkis adalah ketika Taufik Hidayat menang di Asian Games Doha, Qatar 2006.

Dengan kemenangan Jojo, Indonesia meraih 23 medali emas.

Bahkan jumlah medali emas akan bertambah karena akan terjadi all Indonesian final di ganda putra.


Partai final yang berlangsung di Istora GBK, Selasa (28/8/2018), ini berlangsung dengan sangat ketat. Itu terbukti dari skor 5-5 yang terpampang. Setelah itu Jonatan memang mampu unggul, tapi Chen berhasil membuat skor tetap ketat. Beruntung, saat interval, Indonesia berhasil unggul 11-8.

Setelah itu, tunggl putra Indonesia berperingkat 15 dunia itu memang bisa mempertahankan keunggulannya. Namun, kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh Jonatan membuat Cen berhasil menyamakan skor jadi 14-14. Skor ketat kemudian kembali menghiasi jalannya laga.

Ketika skor 16-16, Jonatan berhasil bangkit dan kembali unggul. Pebulu tangkis berusia 20 tahun itu pun sukses memenangi gim pertama dengan skor 21-18, sekaligus memperpanjang asa meneruskan tren tak pernah kalah dari Chen.
Situasi ketat mewarnai awal gim pertama, tetapi Chen berhasil memegang keunggulan atas Jonatan. Bahkan, pebulu tangkis asal Taiwan itu unggul jauh 7-3, dan memimpin dengan skor 11-8 di interval gim kedua.

Selepas interval, pebulu tangkis peringkat enam dunia itu terus memgang keunggulan atas Jonatan. Namun, saat perolehan poin Chen sudah 20, Jonatan berhasil menyamakan skor dan membuat gim kedua deuce. Sayangnya, momentum itu gagal dimanfaatkan karena Chen bisa memenangi gim kedua dengan skor 22-20.

Skor ketat masih menghiasi awal-awal gim ketiga, kedua tunggal ini saling susul-menyusul. Tapi, ketika skor imbang 4-4, Jonatan mampu mengambil momentum untuk unggul dan bahkan memimpin dengan skor 11-7 saat interval.

Setelah itu, tunggal Indonesia terus memegang kendali permainan dan mampu mempertahankan keunggulannya. Chen yang terlihat sudah kelelahan juga kewalahan meladeni permainan Jontanan. Pada akhirnya, Jonatan mampu memenangi gim ketiga dengan skor 21-15 dan meneruskan kedigdayaannya atas Chen.

Selamat buat Jonathan Christie

Labels:

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget