Ini Kapal Listrik Asal Turki yang Buat Aceh Bebas Mati Lampu

Kapal listrik Karadeniz Powership Zeynep Sultan yang didatangkan Manajemen PT PLN dari Turki.
Banda Aceh – Presiden RI, Joko Widodo melalui PLN telah menyewa kapal listrik asal Turki untuk lima tahun mendatang. Jadi, listrik Aceh yang satu jalur dengan listrik Sumut sudah bebas dari pemadaman pada Juni 2017 nanti.
“Rasanya seperti zaman doeloe lagi, ketika Aceh minta bantu Turki,” kata Refi menanggapi kabar kapal pembangkit listrik asal Turki, Rabu (31/5).
Marine Vessel Power Plant (MVPP) Onur Sultan atau kapal pembangkit listrik yang ditunggu-tunggu masyarakat pemakai listrik Sumbagut telah bersandar di dermaga PLTGU Belawan, Medan, Minggu (21/5/2017) sekitar pukul 10.30 Wib.
Kapal MVPP Onur Sultan berkapasitas listrik 240 MW itu berangkat dari Istanbul pada Ahad (23/4) dan menempuh 21 hari perjalanan untuk tiba dan bersandar di dermaga PLTGU Belawan, Medan.
Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Amir Rosidin, menerangkan kapal MVPP Onur Sultan yang memiliki panjang 300 meter dan lebar 50 meter ini memiliki mesin PLTD buatan Wartsila berkapasitas 18,81 MW/unit dengan jumlah total 24 unit dan mesin PLTU dengan kapasitas 2 kali 15 MW.
“Kelebihan MVPP ini adalah memiliki kemampuan dual fuel yang dapat menggunakan bahan bahar minyak (BBM) jenis Heavy Fuel Oil (HFO) dan juga bahan bakar gas (BBG),” terangnya.
Ia menjelaskan, kapal pembangkit listrik ini memiliki beberapa kelebihan lain, seperti: tidak membutuhkan lahan di darat, mobilitas relokasi cepat, fleksibilitas dalam penggunaan bahan bakar, konsumsi bahan bakar lebih hemat. Tingkat produksi limbah relatif rendah, dan pengaruh kebisingan terhadap masyarakat relatif lebih rendah.
Ia mengungkapkan, MVPP ini akan menambah keandalan sistem kelistrikan Sumbagut dengan kapasitas daya 240 MW, dimana kapasitas ini dapat ditingkatkan hingga 480 MW.
Ia mengatakan, dengan masuknya tambahan daya 240 MW dari MVPP, nantinya daya mampu sistem Sumbagut dapat 2.287 MW dengan perkiraan beban puncak tertinggi yang mencapai 2.075 MW. Hal ini membuat sistem Sumbagut memiliki cadangan daya sekitar 212 MW.
General Manajer (GM) PLN Pembangkit Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) Sugiyatno mengatakan, Kapal Karadeniz Powership Onur Sultan atau biasa disebut Kapal Marine Vessel Power Plant (MVPP) merupakan kapal terbesar yang pernah bersandar di Belawan.
General Manajer Pelabuhan Belawan Yarham Harid mengatakan, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I mengatakan kapal yang diberangkatkan dari Istanbul, Turki April lalu, sudah dilakukan serah terimanya langsung oleh Gubernur Sumatera Utara, T. Erry Nuradi.
Kenapa tidak melibatkan Gubernur Aceh juga ya?!
Berita ini pernah diterbitkan oleh AcehTrend.
Labels:

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget