Pasca Bom Kampung Melayu, Aktivis Liberal Viralkan Video Habib Rizieq yang Dikatakan Dukung ISIS

Habib Rizieq Syihab (Foto: Istimewa)
 Duka mendalam masih menyelimuti keluarga korban bom Kampung Melayu (24/05). Di sisi lain, aktivis liberal di sosial media serentak mem-viralkan video orasi Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab (HRS) yang dikatakan mendukung Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).
Wartawan senior yang dikenal sebagai aktivis liberal, Ulin Yusron di akun Twitter @ulinyusron menulis: “Rizieq Shihab dukung ISIS. Ceramah gini yang makin mendorong radikalisme dan penggunaan kekerasan.” @ulinyusron menyertakan link orasi Habib Rizieq.
Putri tokoh NU, KH Mustofa Bisri (Gus Mus), Ienas Tsuroiya, turut memviralkan video tersebut. “Yang masih denial (gak mengakui) kalau HRS mendukung ISIS, coba lihat video ini.. He said it loud and clear,” tulis istri tokoh liberal Ulil Abshar Abdalla ini di akun @tsuroiya.
Seperti dirilis kompas (26/05), ISIS mengaku bertanggung jawab dengan serangan bom bunuh diri di kawasan terminal bus Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu malam (24/05).
Kompas mengutip pemberitaan AFP (26/05), melalui kantor berita Amaq (24/05), ISIS menyebut, serangan yang menewaskan tiga polisi tersebut dilakukan oleh “pejuang” kelompok ISIS.
Publikasi ini dikeluarkan kelompok intelijen SITE yang berkedudukan di Amerika Serikat. Analis menyebut, klaim tersebut tergolong kredibel dan bisa dipercaya mengingat keberadaan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD), yang merupakan jaringan lokal teroris ISIS di Indonesia.
Salah satu analis yang percaya dengan klaim itu adalah Al Chaidar, Pengamat terorisme dari Universitas Malikussaleh di Provinsi Aceh.
Sementara itu, Pengamat Keamanan yang berbasis di Jakarta, Sidney Jones, yang juga mengepalai Institute for Policy Analysis of Conflict, menyebut klaim ISIS tersebut sangat kredibel. Sidney bahkan meyakini bahwa cabang JAD yang berbasis di Bandung, Jawa Barat telah melakukan pemboman tersebut.
Labels:

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget