Presiden Lantik Gubernur Hasil Pilkada Serentak 2017 di Istana Negara

Prosesi pelantikan gubernur terpilih hasil Pilkada oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta.
JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) Jumat (12/5/2017) sore ini dijadwalkan melantik gubernur dan wakil gubernur terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2017 di Istana Negara, Jakarta.
 
Selain itu, tadi pagi Presiden Jokowi menyambut kedatangan Presiden Republika Cile Veronica Michelle Bachelet di Istana Merdeka. Berdasarkan informasi dari Biro Humas Istana Negara, dalam acara ini nantinya juga akan ada pertemuan bilateral dan penandatanganan nota kesepahaman antara dua negara.

Kemudian pada pukul 13.30, Presiden Jokowi akan melakukan jamuan makan siang bersama Presiden Michelle Bachelet.

‎Pada sore hari pukul 15.30 WIB, Jokowi melakukan penyerahan petikan keputusan Presiden kepada masing-masing Calon Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih‎. Pada pukul 16.00 WIB barulah para Gubernur dan Wakil Gubernur ini dilantik secara resmi oleh Presiden Jokowi.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan Presiden Jokowi akan melantik lima pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur hasil Pilkada Serentak 2017.

Lima pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur tersebut yakni Wahidin Halim-Andika Hazrumy (Banten), Rusli Habibie-Idris Rahim (Gorontalo), Dominggus Mandacan-Muhammad Lakotani (Papua Barat), Ali Baal Masdar-Enny Anggraeny Anwar (Sulawesi Barat). Kemudian, Erzaldi Rosman Djohan-Abdul Fatah (Kepulauan Bangka Belitung).

"Pemerintah mengucapkan selamat bertugas dan menjaga amanah aspirasi masyarakat di daeranya. Kami harapkan semua pemimpin daerah bisa segera bekerja dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait," ujar Tjahjo di Jakarta, Kamis (11/5/2017).

Mendagri mengingatkan agar para pemimpin baru itu segere menginventarisasi janji-janji kampanye yang pernah disampaikan. Janji kampanye sebaiknya segera dituangkan dalam APBD perubahan untuk mempercepat realisasi program pemerintah daerah.

Selain melantik lima pasangan pemimpin daerah baru, esok harinya Presiden juga akan melantik Wakil Gubernur Riau terpilih Wan Thamrin Hasyim. Ia akan mendampingi Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman yang menggantikan gubernur sebelumnya karena terjerat dugaan kasus korupsi.

Adapun jadwal pelantikan hari ini merupakan tahap pertama, selanjutnya pada Juli (Aceh) dan Oktober (DKI Jakarta).

"Periode kedua akan melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh, sementara periode ketiga akan melantik Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta," ujar Tjahjo.

Seperti diketahui, Pilkada Serentak 2017 digelar pada 15 Februari lalu. Pilkada diikuti 101 daerah dengan 153 paslon.
Labels:

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget